Hubungan Antara Work Engagement Dengan Burnout Pada Guru Honorer Di Daerah 3t

Main Article Content

Niken Winda Ramadhani
Angeline Hosana Zefany Tarigan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan hubungan antara work engagement dengan burnout pada guru honorer di daerah 3T. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara work engagement dengan burnout. Partisipan pada penelitian ini adalah 101 guru honorer yang bekerja di daerah 3T. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Alat ukur yang digunakan yakni skala burnout yang mengacu pada dimensi burnout dari Maslach dan Leiter (2017) dan skala work engagement yang mengacu pada dimensi work engagement dari Schaufeli, Salanova, Gonzalez-Rom dan Bakker (2002). Analisis data menggunakan teknik korelasi Spearman Rank. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa work engagement dan burnout menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05) dengan nilai r = -714 yang berarti bahwa terdapat hubungan negatif antara kedua variabel. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.

Article Details

Section
Articles