Mindfulness Dan Emotional Intelligence Pada Remaja Panti Asuhan

Main Article Content

Meta Hasanah Safitri
Indra Prapto Nugroho

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mindfulness dengan emotional intelligence pada remaja panti asuhan. Hipotesis penelitian ini adalah adanya hubungan mindfulness dengan emotional intelligence.


            Penelitian menggunakan responden sebanyak 279 remaja panti asuhan dan menggunakan 38 responden remaja panti asuhan pada uji coba. Teknik samping yang digunakan yaitu purposive sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini yaitu skala emotional intelligence berdasarkan komponen-komponen dari Goleman (1996) dan skala mindfulnes berdasarkan aspek-aspek dari Bear, Smith, dkk (2008). Analisi data menggunakan korelasi pearson product moment.


Hasil analisis data menunjukkan emotional intelligence dengan mindfulnes memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05) dengan nilai r = 0,454. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan ada hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima.

Article Details

Section
Articles