Academic Burnout pada Mahasiswa yang Menjalani Pembelajaran Online
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peran hardiness terhadap academic burnout pada mahasiswa yang menjalani pembelajaran online di Kota Palembang. Hipotesis dari penelitian yaitu ada peran hardiness terhadap academic burnout. Responden pada penelitian ini berjumlah 200 mahasiswa angkatan 2018, 2019, dan 2020 yang menjalani pembelajaran online di kota Palembang. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling insidental. Penelitian ini menggunakan dua buah skala utama sebagai alat ukur, yakni skala academic burnout yang mengacu pada dimensi dari Schaufeli, MartÃnez, Pinto, Salanova, dan Barker (2002) dan skala hardiness yang mengacu pada aspek Kobasa, Maddi, dan Kahn (1982). Hasil analisis regresi menunjukkan nilai R square = 0,383 dan p = 0,000 (p<0,05). Hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa hardiness memiliki peran yang signifikan terhadap academic burnout. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini dapat diterima.
Article Details
Psychology Journal Of Mental Health by http://pjmh.ejournal.unsri.ac.id/index.php/Psychology_of_Mental_Health/index is licensed under a Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.