RELIGIUSITAS DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA REMAJA TERKAIT PACARAN

Main Article Content

Pramika Efansa
Ayu Purnamasari

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah religiuisitas memiliki peran terhadap pengambilan keputusan berpacaran pada remaja. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada peranan religiusitas terhadap pengambilan keputusan berpacaran pada remaja.


Penelitian ini menggunakan partisipan sebanyak 150 orang remaja muslim berpacaran yang berdomisili di Sumatera Selatan, serta 50 orang remaja muslim sebagai partisipan uji coba. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua buah skala sebagai alat ukur, yaitu skala pengambilan keputusan berpacaran dan skala religiusitas yang mengacu pada aspek pengambilan keputusan Janis dan Mann (1977) dan skala religiusitas yang mengacu pada dimensi religiusitas Ancok dan Suroso (2011). Analisis data menggunakan regresi linier sederhana.


Hasil analisis regresi menunjukkan R = 0,662 dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa religiusitas memiliki peran signifikan terhadap perilaku pengambilan keputusan berpacaran. Sumbangan efektif R Square = 0,442, yang berarti besarnya sumbangan efektif religiusitas terhadap pengambilan keputusan adalah 44,2%. Dengan demikian hipotesis penelitian ini diterima.

Article Details

Section
Articles