Job Insecurity dan Keterlibatan Kerja pada Karyawan Outsourcing

Main Article Content

Vini Alamanda Putri
Marisya Pratiwi
Maya Puspasari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara job insecurity dengan keterlibatan kerja pada karyawan outsourcing di PT. KAI Palembang. Hipotesis dari penelitian ini adalah ada hubungan antara job insecurity dengan keterlibatan kerja pada karyawan outsourcing di PT. KAI Palembang.


Subjek penelitian adalah karyawan outsourcing di PT. KAI Palembang yang berjumlah 115 orang. Job insecrurity dan keterlibatan kerja diukur dengan skala job insecurity dan keterlibatan kerja dengan berlandaskan dimensi job insecurity dari Dachapalli dan Parumasur (2012) dan dimensi keterlibatan kerja dari Yoshimura (1996). Hasil data penelitian dianalisis dengan menggunakan metode korelasi Spearman.


Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara job insecurity dengan keterlibatan kerja pada karyawan outsourcing di PT. KAI Palembang dengan nilai r = -0,838, dan p = 0,000 (p<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa job insecurity memiliki hubungan yang sangat kuat, negatif, dan signifikan dengan keterlibatan kerja. Dengan demikian hipotesis penelitian yang diajukan dapat diterima.

Article Details

Section
Articles